Gugatan Terhadap Fatwa Haram Bunga Bank

Oleh : Ahmad Budi Ahda, Lc. 

Seluruh ulama sepakat RIBA ITU HARAM dalilnya jelas gamblang, tidak bisa dibantah, ulama dariujung bumi timur sampai barat, dari belahan bumi utara sampai selatan serta dari lintas generasi sepakat haramnya riba, namun APAKAH BUNGA BANK ITU RIBA? eits nanti dulu, singkatnya ada perbedaan pendapat diantara ulama kaliber dunia

Ada 2 kajian pembahasan dalam buku ini, yang pertama adalah kajian logika, secara logika akan anda saksikan dalam buku ini bahwa bunga bank mustahil dihukumi haram

Dalam kajian kedua yaitu kajian fiqih, kamimenawarkan sebuah teori baru yang kontroversial, yaitu uang modern tidak termasuk harta ribawi, sebuah harta yang TIDAK TERKENA HUKUM RIBA.

Banyak sekali hal baru di buku ini yang belum pernah anda jumpai sebelumnya, sebuah buku yang mengajak anda berpikir dalam tentang sistem perekonomian modern.

Cuplikan Isi Buku Dari Kajian Logika:

Pendahuluan :

Debt based money system” (sistem uang berbasis hutang) adalah sistem keuangan yang dianut seluruh perbankan dunia
Artinya uang ada dan bisa beredar di masyarakat karena ada seseorang, perusahaan, atau negara yang sebelumnya berhutang terlebih dahulu, bisa ke bank bisa menerbitkan surat hutang. (penjelasan lebih lanjut terkait sistem ini ada pada bab kajian logika bagian a “mengapa uang bisa ditukar barang dan jasa”

Anda mungkin tidak berhutang tapi uang yang anda pegang adalah hasil dari seseorang, atau perusahaan, atau Negara yang berhutang sebelumnya.

Jika tidak ada orang, atau perusahaan, atau negara yang berhutang sebelumnya maka TIDAK AKAN ADA UANG YANG BEREDAR DI MASYARAKAT. (penjelasan terkait no 4 ini bisa ditemui dalam bab “mengapa uang bisa ditukar dengan barang dan jasa?”

Permasalahan 1:

Jika tidak ada uang yang beredar di masyarakat, ekonomi akan macet, produksi akan terhenti, karyawan akan ter PHK, seluruh pengusaha dan perusahaan akan bangkrut.
Lebih dari itu akan terjadi kerawanan sosial berupa penjarahan, pencurian, perampasan, perampokan. Yang disebabkan manusia yang tidak tercukupi kebutuhan hidupnya, disebabkan semua orang tidak memiliki alat tukar kebutuhan hidup berupa “uang”

Permasalahan 2

Sebagaimana diketahui semua kredit entah itu dari bank, ataupun koperasi, rentenir, pasti berbunga dan pasti riba (pendapat ekstrim)

Riba = Haram = Dosa Besar = Dosanya Melebihi berzina dengan ibu kandung = diperangi Allah dan Rasulnya = Tempatnya di neraka

Permasalahan 3

Di era modern sekarang, jika SEMUA ORANG menaati aturan di permasalahan 2 secara tidak langsung turut memicu, atau mempercepat, atau memperburuk semua hal yang ada di permasalahan 1 Karena tidak akan ada uang yang beredar, atau uang yang beredar terlalu sedikit.

Untuk menanggulangi permasalhan 1 harus banyak orang yang melanggar permasalahan 2

Jika kita melanggar permasalahan 2 mudhorotnya akan jatuh kepada kita sendiri, akan tetapi menyelamatkan maslahat banyak orang dengan secara tidak langsung menaggulangi permasalahan 1, mengapa demikian?

Jika kita berhutang bank dan kita rugi yang kena dampaknya adalah kita sendiri

Akan tetapi uang yang telah kita habiskan dari hutang bank akan beredar di masyarakat, itu artinya AKAN ADA ORANG YANG PUNYA UANG DARI HASIL KITA BERUTANG

Permasalahan no 1 bisa diperlambat, dikurangi, atau bahkan dicegah

Kesimpulan : uang yang anda pegang adalah hasil dari seseorang atau perusahaan atau negara yang sebelumnya berhutang,

jika tidak ada yang berhutang maka tidak akan ada uang, jika tidak ada uang bagaimana bisa kehidupan yang kita jalani bisa berjalan?

Judul    : Gugatan Terhadap Fatwa Haram Bunga Bank
ISBN    : 978-623-7429-76-0
Harga   : 75.000
Tebal    : 134 Halaman
Penulis : Ahmad Budi Ahda, Lc.

Pemesanan Buku Bisa Melalui TOKOPEDIAklik disini

Bisa juga melalui SHOPEE Klik Disini

Atau Bisa Hub Admin Via  WA Klik Tombol Di Bawah ini

Comments

Artikel Menarik Lainnya

Kumpulan Link Soal - Soal Latihan Nahwu & Balaghah

Ringkasan Ilmu Nahwu Lengkap

Tuhan Yang Hilang, Menggugat Kebijakan Tuhan..!!

Jawaban Tuduhan Tuduhan Negatif Seputar Tahlilan, Yasinan, dan Selamatan.

Kumpulan Link Soal - Soal Mufrodat Buku Silsilah Azhar

Selama Ini Kita Dibohongi Sekolah? Atau Dibodohi Agama?

Agama Lain Pernah Diapain Ajah Sama Islam?

Logical Fallacies, Mengenal Beberapa Kesalahan Berpikir

Bagaimana Cara Menulis Buku Kemudian Menerbitkannya ?

Antara Baikalsk, Irkutsk Rusia, & Bojonegoro